Cara Menjinakan Pleci Agar Akrab Dengan Pemiliknya

Cara Menjinakan Pleci Agar Akrab Dengan Pemiliknya - Ada banyak jenis burung yang disukai sebagai hewan peliharaan atau untuk dilombakan. Salah satu burung tersebut adalah burung pleci. Burung pleci merupakan burung kicau yang ukurannya cukup kecil. Burung pleci disebut juga burung kacamata. Sebelum Anda dengan mudah merawat burung pleci, terlebih dahulu Anda harus mempelajari cara menjinakan pleci yang akan kami ulas rahasianya pada artikel ini. Apa saja sih ciri-ciri burung pleci? Burung pleci selain memiliki tubuh yang kecil, juga mempunyai ciri lain yang membedakannya dengan burung-burung lainnya.

cara menjinakan pleci ombyokan,cara menjinakan pleci dada putih,

Burung ini mempunyai dahi yang berwarna hitam dengan lingkaran matanya yang berwarna putih. Kaki dan paruhnya memiliki warna jingga sedangkan pada bagian tenggorokan, pipi dan penutup di ekor bawah warnanya adalah kuning. Sebagai cara menjinakan pleci adalah harus membuat burung pleci nyaman di lingkungan barunya, karena habitatnya adalah di hutan-hutan tropis lembab. Anda juga harus berhati-hati karena burung pleci saat ini diklaim sebagai burung yang termasuk langka. Ada beberapa cara agar pleci yang baru Anda miliki dapat jinak terhadap pemiliknya, diantaranya yaitu.

Tips Cara Menjinakan Pleci

• Buatkan sangkar dan letakkan pada keramaian
Pleci adalah burung yang ada di hutan liar, oleh sebab itu awalnya ia akan merasa takut dengan manusia, karena memang di hutan ia tidak pernah berinteraksi dengan manusia. Jika Anda baru saja memiliki burung ini, maka cara menjinakan pleci adalah dengan masukkan dalam kandang yang diletakkan pada tempat yang ramai. Ini merupakan tips cara cepat menjinakan pleci. Mengapa demikian? Karena ini untuk melatih pleci agar terbiasa dengan manusia.

• Memberi makan dengan waktu yang tepat
Burung pleci terbiasa mencari makan pada hutan-hutan liar. Tetapi hal itu tidak lagi bisa ia lakukan karena telah tinggal bersama Anda. Anda harus mempunyai taktik agar pleci merasa membutuhkan manusia untuk hidupnya agar ia dapat jinak kepada Anda sebagai pemiliknya. Cara menjinakan pleci dalam hal ini adalah untuk tidak memberikan makan pleci ketika malam hari sampai pagi harinya. Pleci akan kelaparan, dan pagi hari di saat ia kelaparan Anda akan memberinya makan. Pleci merasa membutuhkan Anda. Pleci makan jangkrik tetapi cara memberi makannya jangan ditinggal di kandang begitu saja, tapi suapilah menggunakan media lidi agar pleci melihat diri Anda.

Telah diuraikan diatas bahwa pleci adalah burung liar dan hidup pada hutan liar juga, maka ia membutuhkan pembiasaan untuk dapat akrab dengan manusia. Anda harus sabar dan telaten mengambil hati pleci. Cara menjinakan pleci dapat dilakukan ketika Anda memandikannya. Mandikanlah pleci pagi dan sore sampai ia basah kuyup. Biarkan saja sampai bulu-bulunya mengering dengan sendirinya. Sehabis mandi dan basah kuyup, biasanya burung pleci akan merasa kelaparan, maka saatnya Anda mendekati untuk memberikan makan. Lakukan cara pemandian seperti ini hanya ketika masa awal-awal pleci Anda miliki saja, setelah ia jinak maka mandikan dengan normal. Pleci yang jinak dapat Anda miliki dengan cepat jika Anda melakukan cara-cara di atas.

Lanjut Ke 3 cara merawa candet anakan trotolan yang tepat
[X] CLOSE